Lampuhyang
Vol 5 No 1 (2014)

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Prestasi Belajar IPS Ditinjau dari Minat Belajar IPS (Studi Eksperimen pada Siswa Kleas VIII SMP N 1 Seririt)

Pasek, Gede Widiadnyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara prestasi belajar IPS siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan yang mengikuti pembelajaran secara konvensional sebelum dan sesudah minat belajar IPS dikendalikan Sampel diambil dengan cara random sampling dengan jumlah sampel 126 orang. Rancangan penelitian ini adalah post test only control group design. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, (2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengikuti model pembelajaran koperatif tipe STAD dengan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, setalah variabel minat belajar IPS dikendalikan (3) terdapat kontribusi yang positif dan signifikan antara minat belajar IPS dengan prestasi belajar IPS.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnallampuhyang

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal LAMPUHYANG Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penjamin Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura. Jurnal LAMPUHYANG terbit dua kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan ...