BENING
Vol 7, No 1 (2020): MEI 2020

PENGARUH STRUKTUR AKTIVA DAN PROFITABILITAS TERHADAP STRUKTUR MODAL (Studi Kasus Pada Perusahaan Farmasi Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Yentina Siregar (Universitas Riau Kepulauan)



Article Info

Publish Date
26 May 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh Struktur Aktiva dan Profitabilitas terhadap Struktur Modal Perusahaan pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 (lima) tahun, yaitu mulai dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode kuantitatif yang menggunakan data skunder yang didapat dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ada, didapatkan 7 perusahaan yang menjadi sampel penelitian. Tehnik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Struktur aktiva berpengaruh signifikan terhadap struktur modal, dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal. Secara simultan struktur aktiva dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap struktur modal pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Kemampuan prediksi variabel struktur aktiva dan profitabilitas terhadap struktur modal sebesar 44,3%, sementara sisanya 55,7% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.Kata Kunci : Struktur Aktiva, Profitabilitas,dan Struktur Modal. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

beningjournal

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal BENING mempublikasikan artikel ilmih hasil penelitian yang belum dipublikasi dimanapun dan focus pada bidang ilmu Manajemen dan bidang ilmu yang relevan seperti pemasaran, kepemimpinan, managemen keunagan dan bidang ilmu yang relevan lainnya. ...