Attadib: Journal of Elementary Education
Vol 4, No 1 (2020): ATTADIB: Journal of Elementary Education

UPAYA PENINGKATAN GURU PROFESIONAL DALAM MENGHADAPI PENDIDIKAN DI ERA GLOBALISASI

Bayu Purbha Sakti (Universitas Widya Dharma Klaten)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2020

Abstract

Guru seharusnya dihormati karena guru memiliki kepedulian terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Pendidikan yang dilakukan di sekolah berkaitan dengan era globalisasi.  Guru yang bekerja secara profesional masih diperlukan kemampuannya dalam menata segala aspek kehidupan di masyarakat. Namun ada berbagai masalah yang dihadapi guru di Indonesia. Guru sekolah dasar yang memiliki ijazah sarjana masih sedikit di Indonesia. Guru didistribusikan di Indonesia kurang merata. Kesejahteraan guru yang bekerja di Indonesia masih memprihatinkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan cara mencari berbagai bahan pustaka. Upaya pemerintah untuk meningkatkan guru profesional dilakukan dengan cara pemberian ijin perkuliahan melalui pendidikan tinggi. Upaya peningkatan guru profesional juga dilakukan pemerintah melalui kegiatan misalnya seminar, pelatihan, dan program sertifikasi guru. Upaya pemerintah untuk meningkatkan guru profesional dilakukan dengan cara pemberian UKG (Ujian Kompetensi Guru). Upaya pemerintah untuk meningkatkan guru profesional dilakukan melalui kegiatan yang dilembagakan misalnya PKG (Pusat Kegiatan guru) dan KKG (Kelompok Kerja Guru). Upaya pemerintah untuk meningkatkan guru profesional dilakukan melalui kegiatan sistem zonasi. 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

attadib

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Attadib: Journal of Elementary Education is a peer-reviewed journal to discuss about new findings in basic education especially at primary/elementary schools. This journal is publishing original research articles and case studies focused on basic education. All papers are peer-reviewed by at least ...