Jurnal Civic Hukum
Vol 5, No 1 (2020): Mei 2020 (IN PRESS)

DAMPAK POTENSIAL PENGGUNAAN BUKU AJAR PENDIDIKAN DEMOKRASI BERBASIS NILAI DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DEMOKRATIS MAHASISWA

Dianti, Puspa (Unknown)
Waluyati, Sri Artati (Unknown)
fatihah, husnul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

AbstrakSuatu proses pembelajaran diharapkan dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Tujuan tersebut dapat berupa ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Tercapainya tujuan pembelajaran didukung oleh banyak hal.salah satunya adalah penggunaan buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak potensial penggunaan buku ajar berbasis nilai pada Mata Kuliah Pendidikan Demokrasi dalam mengembangkan sikap demokratis mahasiswa. Buku ajar yang digunakan telah dikembangkan dengan berbasis nilai yang diharapkan dapat membentuk sikap demokratis mahasiswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Berdasarkan hasil data tes dan observasi menunjukkan bahwa buku ajar Pendidikan Demokrasi berbasis nilai efektif dalam mengembangkan sikap demokratis mahasiswa.Kata Kunci : Dampak Potensial, Buku Ajar, Sikap Demokratis

Copyrights © 2020