Jurnal Lingko : Jurnal Kebahasaan dan Kesastraan
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

STRATEGI PEMELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA INGGRIS English Vocabulary Learning Strategy in Students of English Study Program

Ortalisje, Dethan Erniani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2020

Abstract

Penelitian penelitian terdahulu menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kosakata yang digunakan oleh pembelajar turut mempengaruhi pembelajaran bahasa kedua. Penelitian ini memiliki tiga pertanyaan: 1) strategi pembelajaran kosakata apa saja yang digunakan oleh para pembelajar Bahasa Inggris?, 2) Strategi pembelajaran kosakata apa yang paling sering digunakan oleh pembelajar?, dan 3) staretegi pembelajaran kosakata apa yang paling sedikit dipakai oleh pembelajar? Penelitian ini melibatkan 58 mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di UKAW sebagai partisipan. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang diadaptasi dari taksonomi Schmitt (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kosakata Bahasa Inggris yang digunakan adalah strategi Penemuan dan Konsolidasi. Dalam strategi Penemuan, strategi sosial merupakan strategi yang paling sering digunakan, sedangkan strategi Determinasi merupakan strategi yang paling sedikit dipakai. Strategi Memori merupakan strategi yang paling sering sekaligus paling sedikit dipakai  dalam kategori strategi Konsolidasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JURNALLINGKO

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

LINGKO adalah jurnal yang menerbitkan artikel ilmiah dari kajian kebahasaan dan kesastraan. Ruang lingkup LINGKO meliputi kajian linguistik teoretis, linguistik terapan, linguistik interdisipliner, sastra teoretis, sastra terapan, sastra interdisipliner, dan pengajaran bahasa dan sastra. LINGKO ...