Penelitian penelitian terdahulu menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kosakata yang digunakan oleh pembelajar turut mempengaruhi pembelajaran bahasa kedua. Penelitian ini memiliki tiga pertanyaan: 1) strategi pembelajaran kosakata apa saja yang digunakan oleh para pembelajar Bahasa Inggris?, 2) Strategi pembelajaran kosakata apa yang paling sering digunakan oleh pembelajar?, dan 3) staretegi pembelajaran kosakata apa yang paling sedikit dipakai oleh pembelajar? Penelitian ini melibatkan 58 mahasiswa program studi pendidikan Bahasa Inggris di UKAW sebagai partisipan. Instrumen yang dipakai adalah kuesioner yang diadaptasi dari taksonomi Schmitt (1997). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kosakata Bahasa Inggris yang digunakan adalah strategi Penemuan dan Konsolidasi. Dalam strategi Penemuan, strategi sosial merupakan strategi yang paling sering digunakan, sedangkan strategi Determinasi merupakan strategi yang paling sedikit dipakai. Strategi Memori merupakan strategi yang paling sering sekaligus paling sedikit dipakai dalam kategori strategi Konsolidasi.
Copyrights © 2020