SIGMA TEKNIKA
Vol 3, No 1 (2020): SIGMA TEKNIKA, VOL 3 NO.1, JUNI 2020

STUDI PERBANDINGAN KONSTRUKSI PERKERASANLENTUR ( FLEXIBLE PAVEMENT ) DAN PERKERASANiiKAKU ( RIGID PAVEMENTa) DITINJAU DARI BIAYA STUDI KASUS: PENINGKATAN KUALITAS JALAN SUNGAI PINANG-PANTAI MEMPANAK KABUPATEN LINGGA

Kurniawan, Harry (Unknown)
Djunaidi, Mr. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

ABSTRAK Pada rencana pekerjaan konstruksi perkerasan lentur (flexible pavement) digunakan lapisan pondasi bawah 15 cm, lapisan pondasi atas 12 cm, lapisan Ac-Bc 5 cm, dan lapisan Ac-Wc 3 cm jadi total keseluruhan 35 cm. Dan rencana pekerjaan konstruksi perkerasan kaku digunakan tebal  lapisan  pondasi  bawah  15  cm  dan  lapisan  rigida  20  cm  dengan  total   35   cm.  Dengan analisa perbandingan dengan menggunakan analisa SNI diperoleh biaya  untuk perkerasan    lentur    adalah    Rp    12.472.285.917,00     dan     perkerasan     kaku     adalah   Rp 15.093.514.427,00. Dari hasil perhitungan analisa tersebut perkerasan kaku lebih direkomendasikan untuk digunakan pada jalan Sungai Pinang-Pantai Mempanak Kabupaten Lingga dibandingkan dengan perkerasan lentur. Dengan efisiensi biaya sebesar17,37% Kata Kunci: Perkerasan Lentur, Perkerasan Kaku,. Efisiensi Biaya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

sigmateknika

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

SigmaTeknika adalah jurnal Fakultas Teknik yang merupakan media publikasi ilmiah internal di lingkungan Fakultas Teknik Unrika dengan fokus pada karya ilmiah berupa tulisan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen atau mahasiswa yang meliputi disiplin ilmu teknik mesin, teknik industri, ...