Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas
Vol 4 No 1 (2020): Vol.4,No.1,2020

Analisis sistem lightspeed dalam operasional departemen kantor depan hotel Sheraton bali kita resort

Putu Yurika Selly Novia (Universitas Udayana)
Fanny Maharani Suarka (Universitas Udayana)
Ni Made Ariani (Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2020

Abstract

Abstrak Saat ini terdapat beberapa tamu hotel yang memberikan tanggapan terhadap lambatnya proses check- in dan check-out, pelayanan yang kurang maksimal, hingga tipe kamar yang tidak sesuai. Sehingga perlu dilakukan evaluasi di departemen kantor depan terkait sistem informasi yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi karyawan kantor depan terhadap sistem lightspeed serta menganalisis kualitas sistem informasi Lightspeed di Hotel Sheraton Bali Kuta Resort yang diproksikan dengan kepuasan pengguna dan manfaat yang didapatkan.Teknik Penentuan Sampel pada penelitian ini adalah model sensus/ jenuh dengan sampel adalah 35 orang karyawan kantor depan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode observasi, kuesioner, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisis kuantitatif dengan skala likert yang dibantu dengan pendekatan partial least square (PLS) yaitu dengna jenis software PLS 3.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi karyawan kantor depan terhadap sistem lightspeed adalah baik yang dibuktikan dengan nilai rata-rata penerimaan 3,56 dan evaluasi 3,48. Sedangkan untuk untuk hasil analisis data didapatkan pengaruh langsung dari masing – masing variabel yaitu kualitas sistem lightspeed berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap kepuasan karyawan sebesar 62,7% bagian depan di Hotel Sheraton Bali Kuta Resort, kualitas sistem lightspeed berpengaruh siginifikan terhadap manfaat karyawan sebesar 72,4% dan kepuasan pengguna berpengaruh secara signifikan terhadap manfaat sebesar 29,2%, pengaruh kualitas sistem lightspeed terhadap manfaat lebih besar dari kepuasan karyawan hal tersebut membuktikan pengguna sistem lightspeed mendapatkan manfaat dari sistem yang digunakan namun kepuasan yang didapatkan lebih kecil dari manfaat. Kata Kunci: Persepsi, Kualitas Sistem Lightspeed, Kantor Depan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jkh

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences Other

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...