Jurnal Kreatif Tadulako Online
Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Kreatif Tadulako Online

Peningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Konsep Sifat-Sifat Magnet melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Pelajaran IPA di Kelas V SDN Ungkaya

Mufidah, Asmaul ( FKIP UNTAD)
Ratman, Ratman (Unknown)
Laganing, Najamuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Aug 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami konsep sifat-sifat magnet melalui pembelajaran kontekstual pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Ungkaya. Penelitian ini terdiri beberapa aspek perlakuan dan pengamatan utama yaitu peningkatan hasil belajar dalam memahami sifat – sifat magnet. Penelitian dilaksanakan  di kelas V SDN Ungkaya, melibatkan 21 orang siswa terdiri atas 10 orang laki-laki dan 11 orang perempuan yang terdaftar pada tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas dua siklus. Di mana pada setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan di kelas dan setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I diperoleh daya serap klasikal 77,85 % dan ketuntasan belajar klasikal 80,95%. Dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan daya serap klasikal 85% sedangkan ketuntasan belajar klasikal 90,47 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran 80,95 %. Dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan daya serap klasikal 85% sedangkan ketuntasan belajar klasikal 90,47 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kontekstual dalam memahami konsep sifat – sifat magnet pada pembelajaran IPA di kelas V SDN Ungkaya dapat meningkat Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kontekstual

Copyrights © 2014