Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif
Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Manajemen & Bisnis Kreatif

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA JOHAR FUTSAL KARAWANG

Robby Fauji (Unknown)
Syifa Pramudita Faddila (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2020

Abstract

Sektor jasa mengalami pertumbuhan tinggi selama beberapa tahun terakhir, ratarata pertumbuhan sektor jasa selama delapan tahun terakhir mencapai 7,05% per tahun.Salah satu sektor jasa yang cukup berkembang adalah sektor jasa di bidang jasapenyewaan lapangan futsal. Perkembangan bisnis jasa lapangan di Kabupaten Karawangmengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Jika pada era tahun 2009-2010 hanya ada beberapa bisnis jasa lapangan futsal yang ada di Kabupaten Karawang.Pada tahun 2019 kini sudah ada sekitar 45 bisnis jasa lapangan futsal yang tersebar diberbagai daerah di Kabupaten Karawang, salah satunya adalah Johar Futsal. Johar Futsalterletak di Jl. Veteran No 28, Kelurahan adiarsa timur, Kecamatan Karawang Timur,Kabupaten Karawang. Johar Futsal didirikan sejak tahun 2012 dan kini telah memiliki 3Lapangan futsal untuk disewakan secara umum. Penelitian ini bertujuan untukmengetahui dan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan dan lokasi terhadap keputusanpembelian pada johar futsal karawang, penelitian ini ini menggunakan metode deskriptifkuantitatif Variabel diukur menggunakan instrumen kuesioner dan skala pengukuran yangdigunakan adalah skala Likert. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metodeSampling accidental dengan jumlah sampel 98 responden dari populasi 5.114 orang.Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Regresi Berganda. Penelitianini ditekankan agar memperoleh luaran yang akan di terbitkan di jurnal nasionalterakreditasi dengan waktu capaian 6 bulan kedepan. Skema penelitian termasukpenelitian dasar (TKT 1-3).. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik Analisis Rentang Skala danAnalisis Regresi Berganda dengan bantuan Method of Successive Interval (MSI). Darihasil analisis penelitian ini diperoleh beberapa kesimpulan yaitu1. Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Lokasi dengan keputusan pembelianmemiliki tingkat hubungan yang sedang.2. Terdapat pengaruh parsial Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadap keputusanpembelian.3. Terdapat pengaruh simultan antara Kualitas Pelayanan dan Lokasi terhadapKeputusan Pembelian.4. Total Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi memiliki kontribusi terhadapKeputusan Pembelian sebesar 31,6% sedangkan sisanya 68,4% merupakankontribusi variabel lain (ε) yang tidak diteliti.Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian The service sector has experienced high growth in recent years, the averagegrowth of the service sector over the past eight years has reached 7.05% per year. Oneservice sector that is quite developed is the service sector in the futsal field rentalservices. The development of field service business in Karawang Regency has increasedsignificantly every year. If in the era of 2009-2010 there were only a few futsal fieldservice businesses in Karawang Regency. In 2019 there are now around 45 futsal fieldservice businesses spread across various regions in Karawang Regency, one of which isJohar Futsal. Johar Futsal is located on Jl. Veteran No 28, Kelurahan adiarsa timur, EastKarawang District, Karawang Regency. Johar Futsal was founded in 2012 and now has 3futsal fields for rent in general. This study aims to determine and explain the effect ofservice quality and location on purchasing decisions in Karawang futsal johar, this studyuses quantitative descriptive methods. Variables are measured using a questionnaireinstrument and the measurement scale used is a Likert scale. Samples were collectedusing accidental sampling method with a sample size of 98 respondents from a populationof 5,114 people. The data analysis technique used is multiple regression analysistechniques. This research is emphasized to get results to be published in accreditednational journals with a period of 6 months. The research scheme covers basic research(TKT 1-3).Data analysis techniques used are Scale Range Analysis and Multiple RegressionAnalysis techniques with the help of the Method of Successive Interval (MSI). From theresults of the analysis of this study we obtained several conclusions, namely :1. The relationship between Service Quality and Location and purchasing decisions has amoderate level of relationship.2. There is a partial effect of Service Quality and Location on purchasing decisions.3. There is a simultaneous effect between Service Quality and Location on PurchasingDecisions.4. The Total Effect of Service Quality and Location has a contribution to the PurchasingDecision of 31.6% while the remaining 68.4% is contributed by other variables (ε)which are not examined.Keywords: Service Quality, Location, Purchase Decision.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen dan Bisnis Kreatif Dikelola oleh program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Buana Perjuangan Karawang. Ruang lingkup jurnal adalah manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen operasi dan bisnis ...