Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Studi Komparatif Proses Komunikasi Pemasaran Pakuwon Mall dan Ciputra World di Instagram

Vincentia Claudia Larasati (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Felicia Goenawan (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Vita Monica (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh mengenai tahapan proses komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Pakuwon Mall dan Ciputra World melalui instagramnya, dimana instagram sekarang menjadi social media yang banyak digunakan untuk memberikan informasi. Instagram juga banyak digunakan untuk social media marketing yang dalam hal ini digunakan oleh Pakuwon Mall dan Ciputra World sebagai cara untuk mempromosikan tenant serta event- event. Penggambaran proses komunikasi pemasaran dilakukan dengan meneliti elemen-elemen yaitu pengirim, penyandian, pesan, media, pengartian, penerima, respon, umpan balik serta gangguan melalui analisis isi. Dimana elemen penyandian, pengartian, dan gangguan tidak diteliti lebih jauh dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan pada 922 post pada Instagram Pakuwon Mall dan Ciputra World selama bulan Januari-Maret 2019. Pada penelitian ini ditemukan bahwa kedua mall telah melakukan posting secara rutin, dengan tema pesan yang paling banyak muncul adalah Seasonal/event related, Glitz and Glam, dan Avalanche About to Roll. Media yang banyak digunakan dalam posting adalah foto, yang dilengkapi dengan caption serta hashtag. Sedangkan untuk respon, yang paling banyak muncul adalah respon positif berupa comment.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...