Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Motif dan Kepuasan Subscriber Menonton Program Mata Najwa di YouTube Channel Narasi TV

Lidya Crisnanda Diwangsa (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Agusly Irawan Aritonang (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Chory Angela Wijayanti (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber menonton Program Mata Najwa di YouTube channel Narasi TV. Narasi TV adalah startup yang didirikan Najwa yang menayangkan Mata Najwa. Program Mata Najwa adalah acara talkshow yang membahas news dan politik. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan empat indikator, yaitu hiburan dan relaksasi, hubungan antar pribadi, mencari informasi, dan persahabatan. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah mencari informasi, sedangkan yang terendah adalah hubungan antar pribadi. Tetapi kesenjangan terbesar ada pada indikator hiburan dan relaksasi. Dapat dikatakan subscriber mendapatkan kepuasan terbesarnya dalam indikator hiburan dan relaksasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...