Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Motif dan Kepuasan Pengguna Aplikasi JOOX sebagai Media Baru dalam Musik

Yomaldia Alfa Prilly Telussa (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Judy Djoko W. Tjahjo (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)
Lady Joanne Tjahyana (Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Fenomena music streaming JOOX merupakan layanan music sharing paling popular di Indonesia dan merupakan situs jejaring sosial yang berkembang dengan pesat setiap tahun. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan pengguna aplikasi JOOX sebagai media baru dalam musik, dan menggunakan metode penelitian survei. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratification yang dikembangkan dengan lima indikator dalam jurnal milik Mäntymäki dan Islam. (Social Conectivity, Discover of New Music, Ubiquity, Enjoyment, dan Continue Intention). Hasil penelitan yang didapat dari online survei ini menunjukkan bahwa motif tertinggi yang di peroleh pengguna JOOX terdapat pada indikator Enjoyment. Secara keseluruhan pengguna JOOX mendapatkan kepuasan dengan skor GS lebih kecil daripada GO, dimana kebutuhan yang diperoleh lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan yang diinginkan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...