Jurnal e-Komunikasi
Vol 7, No 2 (2019): VOL 7, NO 2 AUGUST 2019

Studi Komparatif: Analisis Isi Pesan Pada Posting Instagram E-commerce di Indonesia

Maria Desya Tanisang (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Titi Nur Vidyarini (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Vita Monica (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat gambaran umum dan perbandingan isi pesan pada posting Instagram e-commerce di Indonesia. Instagram adalah salah satu media sosial yang digunakan oleh perusahaan e-commerce untuk sebagai media komunikasi pemasaran. Instagram diketahui menjadi salah satu rujukan bagi konsumen untuk mencari informasi. Penggambaran isi pesan dilihat melalui metode analisis isi pada posting media sosial Instagram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-commerce di Indonesia memiliki kecenderungan melakukan frekuensi posting terbanyak pada hari Jumat dan Sabtu. Tema pesan yang paling banyak ditemukan adalah Seasonal/Event Related dan Glitz and Glam, sementara tema pesan David vs Goliath dan Counterintuittive/ Contrarian tidak terlihat pada posting Instagram. Pesan disajikan melalui media image, caption, dan hashtag. Diiketahui pula bahwa angka likes tertinggi muncul pada posting yang mengandung tema pesan Seasonal/Event Related, Glitz and Glam, dan Avalanche about to roll. Sementara electronic word of mouth yang paling banyak muncul pada komentar adalah positive self enhancement di posting berisi tema pesan Seasonal/Event Related.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...