Kebijakan pemerintah one village one product menjadi tantangan bagi masyarakat desa. Keberlanjutan produk tidak hanya dari keberadaanya namun ditentukan juga dari seberapa berjalan kemasifan pemasaran produk. Pemasaran dan kemasan merupakan hal yang penting dalam upaya menarik minat calon konsumen. Media sosial online saat ini menjadi media yang digunakan untuk melakukan promosi. Dengan adanya perkembangan IPTEK yang pesat, aktivitas komunikasi yang sifatnya konvensial perlahan-lahan menuju ke aktivitas komunikasi yang bersifat digital. Social Responsibility Community (SRC) Desa Semamung merupakan organisasi kepemudaan yang terletak di Desa Semamung. SRC memiliki potensi besar untuk dapat membantu pemasaran produk desa. Namun terdapat kekurangan pengetahuan dan keterampilan para pemuda Desa Semamung dalam pemasaran online. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan upaya mensinergiskan potensi anak muda di SRC Desa Semamung terhadap media sosial untuk pemasaran produk lokal Desa Semamung. Program dilakukan dengan pelatihan desain kemasan menggunakan Software Corel Draw, pelatihan promosi menggunakan media sosial (Facebook dan Instagram) yang efektif serta pendampingan. Kesimpulan program ini adalah upaya mensinergikan potensi pemuda dan kebutuhan pemasaran produk desa sangat efektif. Selanjutnya mitra (SRC Desa Semamung) tertarik untuk terus mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang didapat melalui program untuk keberlanjutan pemasaran produk Desa Semamung. Kata Kunci : Pemberdayaan Pemuda Desa, Pemasaran, Produk Desa
Copyrights © 2020