Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13 No 1 (2020): Lentera

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GAGNON AND COLLAY DI KELAS XI IPS 6 SEMESER II SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

Sutrisna, Sutrisna (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2020

Abstract

Penelitian tindakan ini dilatar belakangi oleh permasalahan kurangnya aktivitas siswa dalam belajarsosiologi khusunya materi Integrasi dan reintegrasi sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan integraasi hal ini menyebabkan rendahnya hasil belajar sosiologi siswa di kelas XI IPS 6 SMA Negeri 5 Kota Jambi. Faktor penyebabnya adalah guru selama ini banyak menggunakan metode ceramah, dan kurangnya penggunaan model–model pembelajaran menyebabkan siswa tidak aktif dalam belajar, aktivitas siswa dalam bertanya Berdasarkan hasil pengamatan guru siswa yang berani bertanya dan menjawab dalam belajar dan diskusi kelas hanya sebesar 20% dan 25 % dari 40 orang siswa. Sebagian besar siswa menunjukkan sikap pasif kurang semangat, melamun, kurang memperhatikan, berbicara ketika guru sedang menjelaskan materi dan menunjukkan sikap yang tidak relevan dengan situasi pembelaaran Hasil belajar siswa rendah. Dari hasil ulangan harian siswa yang tuntas mencapai KKM hanya 47%. Siswa yang tidak tuntas sebesar 53 % .KKM untuk mata pelajaran sosiologi 68 . Hal ini menunjukkan preastasi belajar siswa rendah Penelitian ini dilaksnakan melalui penerapan model pembelajaran Gagnon and Colay untuk melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar sosiologi siswa di kelas XI IPS 6 Semester II SMA Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan tindakan dan proses hasilnya. Aktivitas siswa dikategorikan pada siklus I cukup siklus II baik siklus III baik sekali. siklus I nilai rata-rata sebesar 64,50 siklus II meningkat 74,75 siklus III meningkat 88,25. Terjadi peningkatan siswa yang tuntas 16 orang siklus I tuntas 25 orang siklus II meningkat 39 orang siklus III. Ketuntasan kelas mengalami peningkatan siklus I sebesar 40% siklus II 62.50% siklus III meningkat 97.50%. Dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar sosiologi konsep Integrasi dan reintegrasi sosial melalui penerapan model Pembelajaran Gagnon and Collay. siswa di kelas XI IPS 6 Semester II SMAN 5 Kota Jambi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

lentera

Publisher

Subject

Education

Description

Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan merupakan jurnal ilmiah pada bidang pendidikan dan pembelajaran yang terbit sejak tahun 2008 dengan Nomor p-ISSN: 1979-5823 (media cetak) berdasarkan SK No. 0005.49/Jl.3.02/SK.ISSN/2008.06, tertanggal 19 Juni 2008; e-ISSN: 2620-7672 (media online) berdasarkan SK ...