Just TI (Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi)
Vol 10, No 2 (2018): JULI 2018

ARSITEKTUR JARINGAN LTE (LONG TERM EVOLUTION) UNTUK MENGATASI BACKHAUL CONNECTION WIFI PADA RURAL AREA DENGAN TEKNOLOGI FOURTH GENERATION (4G)

Komang Ayu Triana Indah (Unknown)
Ida Bagus Putra Manuaba (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2019

Abstract

Teknologi WiFi yang digunakan pada rural area pada umumnya untuk jaringan fisik untuk koneksi satu base-station ke base-station yang lain (backhaul) atau ke switching centre seringkali terdapat banyak permasalahan. Wi-Fi dioptimasi untuk penggunaan dengan jangkauan yang pendek, penggunaan untuk luar  ruangan dan jangkauan yang panjang akan menyebabkan multipath dan delay spread tidak tertangani secara optimal Meskipun penggunaan teknologi WiFi cukup praktis, akan tetapi penggunaan WiFi untuk koneksi backhaul akan menimbulkan permasalahan karena teknologi WiFi dirancang dan dioptimasi untuk penggunaan dengan cakupan LAN, sedangkan kondisi geografis di pedesaan tidak memungkinkan instalasi tersebut.  Teknologi LTE menjawab permasalahan yang timbul dalam instalasi WiFi diantaranya kecepatan puncak data, mobilitas pengguna, daya,  konsumsi, handover, fasilitas roaming dan coverage.. Long Term Evolution (LTE) adalah generasi teknologi telekomunikasi selular. Menurut standar, LTE memberikan kecepatan uplink hingga 50 megabit per detik (Mbps) dan kecepatan downlink hingga 100 Mbps. LTE memiliki standar terbaru teknologi jaringan mobile yang diproduksi dengan teknologi jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSDPA. Implementasi  LTE untuk mengatasi permasalahan koneksi backhaul di pedesaan dengan teknologi Rural 4G secara teknis dilakukan untuk mengatasi permasalahan koneksi backhaul pada jaringan WiFi.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

justi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sains Terapan Teknologi Informasi - JUST TI is a scientific and peer-reviewed journal published every six month in January and July. This journal is opened for scientists, academics, professionals who intend to publish their original articles to others. Jurnal Sains Terapan Teknologi ...