Serambi Tarbawi
Vol 6, No 1 (2018): Serambi Tarbawi

PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERPIKIR DAN PROBLEM SOLVING DALAM PMB PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 25 BANDA ACEH

Muhammad Syarif (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2018

Abstract

Fokus penelitian ini adalah terkait dengan bagaimana proses pembelajaran keterampilan berpikir dan problem solving dalam PBM di SD Negeri 25 Banda Aceh. Penelitian ini berbentuk kualitatif dengan pendekatan deskiptif. Pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan data dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pemecahan masalah (problem solving) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu kemampuan merumuskan masalah, memberikan dan menganalisis argumen, melakukan deduksi, melakukan induksi, mengevaluasi, mengambil keputusan, serta melaksanakan tindakan terutama dalam proses belajar mengajar pada siswa kelas V SD Negeri 25 Banda Aceh. Berdasarkan hasil belajar yang diukur selama berlangsung nya penelitian ini, proses belajar mengajar pada siswa kelas V SD Negeri 25 Banda Aceh belum menunjukkan perkembangan yang berarti, namun diharapkan terjadi peningkatan pada tahap selanjutnya yaitu telah mencapai KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 80%. Hasil ini dapat diinterpretasikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dibandingkan dengan sebelum tindakan, mengalami peningkatan yang besar.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tarbawi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Serambi Tarbawi is the Journal of the Study of Thought, Research, and Development of Islamic Education – P-ISSN: 2303-2014; E-ISSN: 2723-1143. Published by the Faculty of Islamic Religion of Serambi Mekkah University. This journal is published 2 times of year (January and July). This journal is an ...