Jurnal Psikiatri Surabaya (Surabaya Psychiatry Journal)
Vol. 7 No. 2 (2018): Desember

Pengaruh Mendongeng Pada Kondisi Nyeri Penderita Leukemia di Ruang Rawat Inap Hematologi Onkologi Anak RSUD Dr Soetomo Surabaya

Ida Ayu Putu Asthi D (Departemen/ SMF Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga/ RSUD Dr. Soetomo Surabaya)
Endang Warsiki (Departemen/ SMF Ilmu Kedokteran Jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga/ RSUD Dr. Soetomo Surabaya)
Maria C. Shanty Larasati (Departemen/ SMF Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga/ RSUD Dr. Soetomo Surabaya)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2018

Abstract

Latar Belakang. Kanker yang paling sering ditemukan pada anak adalah Leukemia. Prevalensi penderita leukemia yang dirawat di RSUD Dr Soetomo sebesar 50% dimana jumlah penderita leukemia terus meningkat setiap tahunnya. Salah satu gejala yang dirasakan pada anak dengan leukemia adalah nyeri. Kondisi nyeri pada anak yang dirasakan akan berpengaruh secara emosional, fisik, kognitif, dan sosial.Metode bermain diantaranya mendongeng dapat digunakan untuk meningkatkan ketrampilan koping yang adaptif, mengalihkan rasa sakitnya (distraksi) pada permainannya dan relaksasi melalui kesenangannya sehingga dapat mengurangi rasa nyeri dengan meningkatkan efektivitas terapi farmakologis.Tujuan: Mengetahui pengaruh mendongeng terhadap kondisi nyeri pada leukemia anak yang dirawat di Ruang Rawat Inap Hematologi Onkologi Anak RSUD Dr. Soetomo Surabaya.Metode: Penelitian ini merupakan studi eksperimental klinis. Leukemia anak diukur skala nyerinya menggunakan Wong Baker Pain Scale. Subyek yang memenuhi kriteria inklusi dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok perlakuan akan mendapatkan mendongeng dan kelompok kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik komparasi uji Chi Squaredan uji Mann-Whitney dengan α=0,05.Hasil Penelitian: Didapatkan 24 subyek yang mengikuti prosedur penelitian, dibagi secara acak ke dalam kelompok kontrol (n=12) dan kelompok perlakuan (n=12). Pengukuran tingkat nyeri setelah mendongeng pada kelompok kontrol dan kelompok perlakuan didapatkan perbedaan yang bermakna  (p=0,002).Simpulan: Mendongeng dapat menurunkan tingkat nyeri penderita Leukemia anak yang dirawat di Ruang Rawat Inap Hematologi Onkologi RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPS

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology

Description

Jurnal Psikiatri Surabaya (JPS) is a scientific publication every 6 months (semester). JPS accepts submissions in the form of original manuscripts, literature review, case reports, and editorials in Indonesian in the format of Enhanced Spelling or English in accordance with the scope of Psychology, ...