Jurnal Amal Pendidikan
Vol 1, No 1 (2020): Edisi April 2020

Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Air

Hasriana Hasriana (Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo)
Dorce Banne Pabunga (Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo)
Sri Yuliani M (Jurusan PG-PAUD, Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif melalui media air di kelompok B2 TK Wulele Sanggula II Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak TK Wulele Sanggula II Kendari. Berdasarkan analisis data hasil observasi aktivitas mengajar guru dengan menggunakan media air pada siklus I diperoleh persentase ketercapaian sebesar 64,29%. Pada aktivitas belajar anak siklus I persentase ketercapaian sebesar 57,14%. Sedangkan pada siklus II persentase ketercapaian aktivitas mengajar guru dengan menggunakan media air mengalami peningkatan menjadi 85,71%, serta persentase ketercapaian belajar anak pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 85,71%. Berdasarkan analisis data sesuai dengan standar nilai untuk indikator hasil belajar anak baik secara individual maupun klasikal dikatakan berhasil apabila memperoleh 85%, kategori berkembang sangat baik (BSB) atau berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil penelitian dalam meningkatkan kemampuan kognitif melalui media air pada siklus I sebesar 60%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 90%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media air dapat meningkatkan kemampuan kognitif di kelompok B2 TK Wulele Sanggula II Kendari

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

japend

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Artikel yang dapat dipertimbangkan untuk dimuat dalam jurnal amal pendidikan adalah hasil pelaksanaan kegiatan penelitian yang sesuai dengan focus dan scope jurnal diantaranya: Manajemen Pendidikan, Pendidikan Matematika, Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Teknologi Pendidikan, Pendidikan Bahasa, ...