Fenomena yang terjadi saat ini, yaitu perguruan tinggi menjadi suatu komoditas yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam upaya peningkatan taraf hidup masyarakat. Di mana perguruan tinggi yang berkualitas dilihat secara harfiah oleh masyarakat dari sarana dan prasarana yang dimiliki serta kepuasan mahasiswa yang berada di dalam lingkungan perguruan tinggi itu sendiri. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Program Ekstensi Fakultas Ekonomi Universitas Jambi baik secara simultan maupun parsial. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Di mana data primer diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada 100 orang mahasiswa yang menjadi sampel penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif verifikatif, sedangkan alat penelitian yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa baik secara simultan sebesar 54,2% dan secara parsial masing-masing keandalan 19,98%, daya tanggap 23,25%, bukti fisik 25,34%, empati 21,57%, dan jaminan 18,10%.
Copyrights © 2014