Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
Vol 2, No 2 (2011)

Knowledge Management System Untuk Meningkatkan Aktifitas Berbagi Pengetahuan Di Perusahaan

Kusdiawan, Wawan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2011

Abstract

Pengetahuan berasal dari sebuah data yaitu hal yang langsung dapat diamati dan diverifikasi atau sebuah fakta yang tercatat. Informasi diorganisasikan dan dijadikan dasar melakukan suatu tindakan didasarkan atas pengalaman, persepsi, dan pendapat individual.Dilihat dari jenisnya, ada dua jenis pengetahuan, yaitu pengetahuan explicit dan pengetahuan tacit. Tacit knowledge, merupakan pengetahuan yang sulit diartikulasikan, dituliskan dalam kata-kata, teks, maupun gambar, biasanya berada di dalam benak orang yang mengetahui. Explicit knowledge, berupa pengetahuan yang telah ditangkap dan dinyatakan dalam kata-kata, teks, maupun gambar, telah ada dalam bentuk konkrit/nyata. Pengetahuan seperti gunung es, yang tampak di permukaan air kecil padahal yang berada di bawah air jauh auh lebih besar. Dengan knowledge management diharapakan mampu mengubah dari tacit knowledge ke explicit knowledge, sehingga pengetahuan yang tadinya hanya diketahui oleh satu orang dapat di share sehingga diketahui oleh banyak orang.

Copyrights © 2011






Journal Info

Abbrev

explore

Publisher

Subject

Other

Description

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika menyajikan artikel/naskah dalam bidang teknologi informasi khususnya dalam Fokus pada 5 kelompok keilmuan di Informatika yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) Sistem Informasi, Jaringan, Multimedia dan ...