Prologue: Journal on Language and Literature
Vol. 4 No. 1 (2018): Prologue: Journal on Language and Literature

KONSTRUKSI BUDAYA DALAM IKLAN SARI AYU BEAUTY LOTION TINJAUAN SEMIOTIK

rosmiati rosmiati (University of Balikpapan)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2018

Abstract

Penelitian ini mengambil objek wanita karena memang dalam konstruksi tubuh wanita, waitalah yang menjadi pangsa pasar. Citra yang dibentuk tentang kecantikan adalah yang memiliki kulit halus, lembut, segar, dan bercahaya. Untuk mencapai target pemasaran, pendekatan yang paling dekat untuk menganalisis “Sari Ayu Beauty Lotion” sebagai iklan kecantikan wanita dalam konteks globalisasi sekarang ini, tubuh perempuan dikomoditaskan. Analisis ini menggunakan pendekatan semiotika untuk mengungkap makna iklan yang disampaikan untuk kepentingan penjualan, pembelian, dan konsumsi produk sebagai proses komunikasi. Semiotik iklan merupakan proses pertukaran pesan. Teks yang dapat dipahami di dunia ini begitu banyak. Salah satunya membaca iklan. Iklan “Sari Ayu Beauty Lotion” ini menggali tradisi dan mitos kecantikan tempo doeloe. Segala sesuatu yang berhubungan dengan masa lampau, memiliki nilai yang tinggi. Tradisi membuat lulur dan melulurkannya ke seluruh badan ini mengandung nilai-nilai budaya yang tinggi, adiluhung, dan sangat dihormati. Dengan produk ini, Sari Ayu Cosmetics mengangkat nilai-nilai budaya Jawa dalam iklannya. Perempuan Jawa harus bisa ngadi Sarira dan ngadi busana, yakni 3M (macak, manak, dan masak).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal_prologue

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Prologue: Journal on Language and Literature published by Faculty of Letters, Balikpapan University. It is published twice a year, namely March and September. It publishes papers in language and literature. The scopes of the topics include but not limited to (1) Literature; (2) Linguistics; (3) ...