Aiti: Jurnal Teknologi Informasi
Vol 16 No 1 (2019)

Analisis Kualitas Website Perpustakaan Universitas X Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA)

Yulius Andre (Universitas Ciputra Surabaya)
Kartika Gianina Tileng (Universitas Ciputra Surabaya)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2019

Abstract

Penggunaan teknologi yakni website menjadi salah satu faktor pendukung dalam menunjang sebuah institusi. Keberadaan website juga dapat mendukung sebuah kegiatan operasional institusi pendidikan. Hal ini yang membuat peneliti ingin melakukan penelitian pada website perpustakaan Universitas X. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari website perpustakaan dimana sebelumnya belum pernah dilakukan analisis dan pengukuran dalam menilai kualitas dari website perpustakaan Universitas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode WebQual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kegunaan (Usability), Kualitas Layanan Informasi (Information Quality), dan Kualitas Layanan Interaksi (Service Interaction Quality) berdasarkan metode WebQual 4.0 dengan 22 item atribut. Hasil yang didapatkan dari analisis kualitas website memiliki tingkat kesesuaian 99.2% dimana responden merasa mendekati kepuasan terhadap pelayanan website. Tingkat Kesenjangan diperoleh -1.21 dimana hasil dari kinerja website belum sesuai dengan harapan dari pengguna. Hasil analisis kuadran pada atribut yang menjadi prioritas utama didapatkan 2 atribut yaitu website memiliki tampilan yang menarik (US5) dan pengguna merasa data pribadinya aman saat login di website (KL3).

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

aiti

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

AITI: Jurnal Teknologi Informasi is a peer-review journal focusing on information system and technology issues. AITI invites academics and researchers who do original research in information system and technology, including but not limited to: Cryptography Networking Internet of Things Big Data Data ...