Semakin banyaknya ojek online bermunculan maka semakin ketat pula persaingannya. Hal ini juga membuat konsumen semakin selektif dalam menggunakan jasa transportasi beroda dua yang berbasis aplikasi. Setiap konsumen merupakan pribadi yang unik dan spesifik, masing-masing konsumen memiliki sudut padang yang berbeda terhadap suatu produk ataupun merek. Sudut pandang tersebut dapat berasal dari perbedaan jenis kelamin atau gender antara pria dan wanita. Penelitian ini menggunakan metode komparatif, yang membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih pada dua atau lebih sampel yang berbeda. Populasi adalah seluruh konsumen yang menggunakan jasa transportasi ojek online di wilayah Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 300 responden. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah sampling insidental. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji Reliabilitas dan uji beda independen t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggapan antara Pria dan Wanita berbeda pada elemen product, price, people dan process, sedangkan tanggapan antara Pria dan Wanita untuk elemen place, promotion dan physical evidence dianggap sama.
Copyrights © 2019