Hal yang melatar belakangi dilakukannya penelitian ini adalah, pada pembelajaran Matematika terutama materi operasi hitung pecahan pada siswa kelas VI SDN Harjosari Kidul 02 Kab Tegal hasilnya masih belum sesuai dengan harapan. Hanya 32% siswa yang memenuhi berhitung sesuai dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 70. Sedangkan target ketuntasan yang ingin dicapai adalah 85 %. Penelitian ini dibagi dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II yang masing-masing terdiri dari 3 pertemuan. Adapun hasilnya adalah setelah dilaksanakan perbaikan pembelajaran siklus I terjadi peningkatan kemampuan berhitung menjadi 68%. Setelah peneliti melanjutkan perbaikan pembelajaran pada siklus II hasilnya terjadi peningkatan yang signifikan yaitu kemampuan berhitung siswa telah mencapai 94%. Dengan adanya hasil yang demikian penulis merasa penelitian telah cukup memenuhi target ketuntasan yang hanya 85%. Aktivitas belajar juga meningkat dari 43% pada pra siklus menjadi 54% pada siklus I dan 94% pada siklus II. Simpulan dari penelitian ini adalah dengan adanya penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) berbantuan Komik dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan berhitung pecahan
Copyrights © 2020