Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Vol 2, No 1 (2016): Edisi Januari 2016

PENINGKATAN RASA PERCAYA DIRI MELALUI TEKNIK PERMAINAN PADA LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK

Setiowati, Arum (Universitas PGRI Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2016

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik permainan yang efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri mahasiswa dalam mata kuliah bimbingan dan konseling kelompok. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian terbagi dalam 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan melalui lima tahapan yakni: rencana tindakan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), evaluasi (evalution), dan refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah mahasiswa kelas A3 semester 5 tahun ajaran 2012/2013 program studi bimbingan dan konseling FKIP UPY yang berjumlah 30 orang. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis permainan yang dipilih untuk meningkatkan percaya diri mahaiswa yakni permainan yang menyediakan kesempatan secara luas kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi diri agar mampu mempertunjukkan kualitas diri mereka dihadapan teman yang lainnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian maupun telaah pustaka dalam lingkup praktik penelitian tindakan kelas bimbingan & ...