Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling
Vol 2, No 2 (2016): Edisi Mei 2016

MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROYEKSI

-, Rustam (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial IKIP-PGRI Pontianak)
-, Kamaruzzaman (Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial IKIP-PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah  Negeri 1 Pontianak Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi pada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Teknik pengumpul data yang digunakan adalah teknik observasi langsung dan teknik komunikasi tidak langsung dengan alat pengumpul data berupa pedoman observasi, dan angket. Subjek penelitian ini adalah semua 8 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik proyeksi untuk meningkatkan tanggung jawab belajar siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak  telah dilaksanakan dan berhasil dengan baik.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

jptbk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan & Konseling mempublikasikan tulisan ilmiah dari hasil penelitian maupun telaah pustaka dalam lingkup praktik penelitian tindakan kelas bimbingan & ...