Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan
Vol 2, No 1 (2020): Juni 2020

PENGEMBANGAN MODEL PELATIHAN “IVCT” UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL

Astuti, Amin Nurita Fajar (Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
-, Samsudi (Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang)
-, Widiyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan modelIntegrated Vocational CompetencyTraining (IVCT). Metode penelitian ini menggunakan pendekatanResearch and Development (R &D) dengan teknik pengumpulan data secara  wawancara, angket, observasi,  dokumentasi, dan tes.Uji coba model pelatihan menggunakanPre-Experimental Design denganOne Group Pretest-PosttestDesign. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif dankuantitatif.  Teknik analisis kuantitatif dengan deskripsi kuantitatif untuk  mengetahui kualitaspelaksanaan pelatihan dan untuk mengetahui keefektifan model dengan analisis statistik nonparametrik yaitu uji t(Wilcoxon Signed Ranks Tes). Dari hasil analisis dengan uji t ini berartiterdapat perubahan atau peningkatan kemampuan peserta setelah diberikan pelatihan, sehinggadapat disimpulkan bahwa pelatihan dengan model IVCT efektif meningkatkan kompetensiprofesional Guru Program Keahlian.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jptsk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini menerima artikel berkualitas yang mengkaji tentang penelitian tindakan kelas dan kepengawasan ...