Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII

INOVASI TERHADAP DIMENSI KURIKULUM DAN GURU SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDlKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN

Mohamad Isa Ansori (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Dec 2015

Abstract

Dunia pendidikan, akhir-akhir ini banyak menarik perhatian. Pokok­pokok pembaharuan pendidikan dibahas dan ditanggapi secara luas dan ramai.  Dalam hal ini, pendidikan diartikan sebagai usaha manusia yang bertujuan memperluas cakrawala pemikiran atau pengetahuan, mening­katkan keterampilan dan membentuk watak (character building) agar ia menyadari eksistensi dirinya dalam kehidupan sosial. Masalah yang banyak dilontarkan dewasa ini adalah rendahnya mutu lulusan sekolah, terutama sekolah-sekolah kejuruan yang diharapkan menghasilkan tenaga kerja siap pakai. Dunia industri mengeluh karena tenaga kerja yang dihasilkan saat ini memiliki keterampilan yang rendah bahkan hanya semi terampil. Lulusan lulusan pendidikan teknologi dan kejuruan yang iidak siap pakai akan ter­lihat dari hasil kerja serta produktivitas mereka dalam melaksanakan tugas­nya. "Sebab tingkat kesiapan seorang tenaga kerja diukur dari bekal penge tahuan, keterampilan dan sikap dalam menghadapi bidang kerjanya Menurut statistik pada akhir PeJita III, jumlah sekolah  teknologi dan kejuruan sebanyak 1200 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 763.915orang dan terus berkembang hingga Pelita sekarang.

Copyrights © 1988






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...