1sl:irn scbugni scbuah keyitkinan rnenempatkan pcndidikan padapriori~asil taxna. Allall yang discbut "Rabb" mcncmpa1kanNya scbagaipendidik sckaIia1-1 makhlukNya. Para rasul yang diutusNyrr pada ternpalrcrtcntu merupaksn para p~ndidikb agi umatnya. Bcgilu pula dengankedi~duksn Nnbi Muhummad saw.Kch:tdiran Islam sebagai scbuah kajlakinan mcrupakan fondasiutama pcndidikan di dunia Muslim. Kebcrhasilan umat Islam padaperjode awsl dakm mendidik rnssyarakat adnlnh karena mereka bcrlandasanpada kcyakinan y:mg bcnar ini. Scrncntam dalarn perkembanganselanjutnya ditcmukun adanya kcgagatan di dunia Muslim dalarn rncndidikrn~syiirakatnya adalah karma scbagizn dari rncrcka telah meninggalkancantoh yang dibcrikan ole11 enerasi nwal itu. Merekn tclah mengalnbillandasan I:lin di luar kcya If innnnpa. alau sclid~knya mereka tidaksunggtth-strngguh manjadikan Islaln scbagai fondasi dalam proses pendidiknnmasyarnkatnyn.Schsgni akibat dsri proscs yang dcrnikian, peran lernbaga-Icmbaga sosial scpcr~i kcluarga, rnusjid, sckolah (msdrrzsah) dan mediarnassa, yang mcstinya bcq,cr;tn bcsar dslam proses pcndidikan rnasyarakatmcnjsdi kcliilttngan vihlitasnys. Unluk itu pcrlu dengan segera duniaMuslitn rncmperbaiki kckeliruannya. Dengnn kembali pada fondasikcyakinan yang bcnar --Islam-- proses pendidiknn masyarakat akanmcnghasilkan Lcnvujudnyu kondisi yang idcal, mssyarakat yang sejahterasecslra spiritu:il itan malcrinl.
Copyrights © 1996