Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV

PRAGMATIK DAN ASPEK-ASPEKNYA DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA

Sudaryanto, Sudaryanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Suara sumbang tentang penguasaan bahasa Indonesia sampaidewasa ini masih sering terdengar, bahwa penggunaan bahasa Indonesiamasih rendah, termasuk siswa dan mahasiswanya. Untuk itu, tidakmengherankan apabila Soeharto, Presiden Republik Indonesia mencanangkanGerakan Disiplin Nasional, pada tanggal 20 Mei 1995, yang diantaranya berisi agar digunakan bahasa Indonesia dengan baik danbenar. Dalam rangka upaya menyukseskan penggunaan bahasa Indonesiadengan baik dan benar bagi para siswa di sekolah, yaitu dengan digantinyaGBPP Bahasa Indonesia Kurikulum 1984 dengan GBPP Bahasa danSastra Indonesia 1994.lsi GBPP Bahasa Indonesia dari kedua kurikulum tersebut sangatberbeda. Apabila di dalam Kurikulum 1984 sajian materi masih tampakbersifat struktural, yang terdiri dari enam pokok bahasan, di dalamKurikulum 1994 tidak demikian halnya. lsi GBPP Bahasa IndonesiaKurikulum 1994, yang terdiridari aspek pcmahaman, penggunaan, dankebahasaan lebih menyaran pada penerapan pendekatan komunikatif.Makalah ini di samping berusaha sedikit menguak perbedaan dan persamaanantara GBPP Bahasa Indonesia kedua kurikulum di atas, jugaberusaha membahas persamaan pengajaran bahasa Indonesia denganpendekatan pragmatik dengan pendekatan komunikatif. Pembahasanselanjutnya ialah adanya aspek-aspek pragmatik karena aspek-aspek initerdapat pada Kurikulum 1984 ataupun pada Kurikulum 1994.Dengan pengajaran aspek-aspek pragmatik yang dil;lkukan secarabcnar, terutama dengan penerapan pendekatan komunikatif, diharapkanakan menjadikan siswa mampu dan terampil berbahasa Indonesia denganbaik dan benar. Dikatakan demikian, oleh karena dengan cara demik,iansiswa akan terlatih menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan fungsifungsibahasa Indonesia itu sendiri,

Copyrights © 1996






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...