Cakrawala Pendidikan
CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV

ALTERNATIF PENGGUNAAN STRATEGI DAN METODE MENGAJAR PADA PERKULIAHAN SEJARAH OLAHRAGA

Margono Margono (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 May 2016

Abstract

Keberhasilan suatu Proses Belajat" ,Mengajar dipenga:uhibanyak faktor yang seca-ra um"um dibedakan menjadi faktorenclogen dan eksogen. Apabila" kedua faktor tersebut yangdapat dideskdpsikan menjadi lebih banyak lagi. saling mendukung.maka tujuan untuk mengadakan perubahan perilakupada peserta didik (bersilat kognitiI, afektif. maupun psikomotor)sesuai dengan yang dikehendaki dapat tercapai.Dosen sebagai salah satu kornponen penting dalamproses pembelajaran. tepat apabila senantiasa berupayameningkatkan kualitas perkuliahannya. Banyak cara dapatdilakukan. Salah" satu c~ra yang dapat ditempuh adalahdengan menerapkan strategi dan rnetode mengajar yangtepat. .Dengan memahami pengertian. peranan serta macamstrategi dan metode mengajar. juga pengelompokan rna terikuliah Sejarah 01aht"aga; tentunya pemilihan strqtegi danmetode mengajar dapat dilakukan dengan tepat. Model gat"is.besar kronologis. tematis, garis perkembangan khu5us danregresif; merupakan strategi yang lazim digunakail dalamrnengajar sejarah. Sedangkan metode yang sering dig-unakandalam mengajar sejarah adalah metode reseptif." diskusi,discovery/inquiry. dan pengajaran di luar kelas.

Copyrights © 1994






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education

Description

Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel ...