JPTK: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 17, No 2 (2008): (Oktober)

Kesesuaian Materi Kompetensi Proses Pemesinan terhadap Standar Kompetensi NIMS pada Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY

Bernardus Sentot Wijanarka (Dosen Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2008

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  mengidentifikasi  kesesuaian kompetensi kelompok mata kuliah  proses pemesinan pada Jurusan Pendidikan Teknik Mesin terhadap materi uji kompetensi ketrampilan  pemesinan menurut NIMS, dan mengidentifikasi kesesuaian materi ajar praktek proses pemesinan pada jurusan pendidikan teknik mesin terhadap materi kompetensi ketrampilan pemesinan menurut NIMS. Penelitian ini adalah penelitian analisis Isi (content analysis). Subyek penelitian ini adalah semua bahan ajar proses pemesinan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin FT UNY, yang meliputi hand out, job sheet, diktat, bahan ajar dan data mesin perkakas, kondisi mesin dan alat yang ada di bengkel mesin . Data dikumpulkan dengan teknik dokumentasi di arsip jurusan maupun di web (www.nims-skills.org). Dokumen yang dikumpulkan yaitu : kompetensi dan  materi ajar proses pemesinan, dan kompetensi/ materi uji ketrampilan dari  NIMS. Analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif, dengan menghitung persentase kesesuaian materi ajar proses pemesinan Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dengan standar uji ketrampilan NIMS. Hasil penelitian adalah : kompetensi proses pemesinan yang diajarakan di Jurusan Pendidikan Teknik Mesin belum memenuhi semua standar kompetensi NIMS. Pada kompetensi Level I memenuhi 8 kompetensi dari 9 kompetensi yang ditetapkan. Pada Level II memenuhi 3 kompetensi dari 8. Sedangkan pada Level III belum ada kompetensi yang diajarkan ; dan  materi ajar yang diajarkan di jurusan Pendidikan Teknik Mesin untuk mencapai kompetensi yang telah dipenuhi ada kekurangan pada :materi ajar gerinda, freis vertikal, CNC, EDM, proses bubut komplek dan freis komplek, hand lapping, dan bandsawing.

Copyrights © 2008






Journal Info

Abbrev

jptk

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal of Technical and Vocational Education and Training (TVET) which is a double-blind peer-reviewed journal. The journal invites authors throughout the world to exchange and disseminate theoretical and practice-oriented topics relevant to: (1) ...