Latar belakang: Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran dapat mempengaruhi penggunaan strategi pembelajaran mahasiswa. Dalam pendidikan kedokteran mahasiswa diharapkan dapat menerapkan strategi pembelajaran pendekatan mendalam. Oleh karena itu lingkungan pembelajaran mahasiswa harus dapat mengarahkan mahasiswa pada pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran pendekatan mendalam. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara persepsi lingkungan pembelajaran dengan strategi pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2017.Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional, dengan pengambilan sampel teknik simple random sampling. Data yang diambil berupa data primer menggunakan kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) dan kuesioner R-SPQ-2F (Two Factors Revised Study Process Questionnaire). Analisis digunakan yaitu uji sommers’d, dengan tingkat kepercayaan 95%, α = 0,05.Hasil Penelitian: Penelitian ini menunjukan 80,6% mahasiswa memilki persepsi lebih cenderung positif terhadap lingkungan pembelajaran. Sebanyak 83,3% mahasiswa menggunakan strategi pendekatan mendalam. Hasil analisis bivariat didapatkan P-value = 0,000.Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara persepsi lingkungan pembelajaran dengan strategi pembelajaran pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2017.
Copyrights © 2019