Jurnal Pengembangan Manajemen, Bisnis, Keuangan dan Perbankan
Vol 17 No 1 (2020): PRISMAKOM

Rancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Terbuka (Metode 360 Derajat) Pada Green Hotel Kamojang Garut

Deri Prayudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2020

Abstract

Penilaian kinerja (performance appraisal) adalah suatu proses dalam organisasi yang bertujuan mengevaluasi pelaksanaan kerja masing-masing individu dalam organisasi tersebut. Dalam penilaian kinerja dinilai kontribusi karyawan kepada organisasi selama periode waktu tertentu. Umpan balik kinerja (performance feedback) memungkinkan karyawan mengetahui seberapa baik mereka bekerja jika dibandingkan dengan standar-standar organisasi. Cara kerja metode penilaian 360 derajat adalah penilaian seorang karyawan tidak saja diambil dari penilaian atasan langsung ataupun atasan kedua di atasnya, akan tetapi juga dimintakan dari rekan sekerja yang satu level (peer) maupun dari bawahan langsung (subordinate) yang bersangkutan. Manfaat yang akan diperoleh apabila perusahaan menerapkan penilaian 360 Derajat adalah semua penilaian yang diberikan oleh pimpinan, bawahan, rekan sejawat dan diri sendiri dapat memberikan hasil yang sangat akurat dan obyektif mengenai kinerja pihak yang dinilai. Hasil dari penelitian ini adalah berupa rancangan sistem informasi penilaian kinerja karyawan yang proses penilaiannya didasarkan pada metode 360 derajat dengan memasukan sasaran kinerja individu karyawan sebagai indikator penilaiannya. Rancangan yang dihasilkan telah melalui serangkaian proses dengan menggunakan metodologi waterfall dimana telah disesuaikan dengan kebutuhan manajemen Green Hotel Kamojang Garut pada tahap User Acceptance. Penelitian ini juga memberikan gambaran spesifikasi sistem yang dihasilkan pada tahap Spesification Requirement System (SRS).

Copyrights © 2020