Jurnal Inovasi Penelitian
Vol 1 No 4: September 2020

MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK

Madinatul Mukholifah (Prodi PGSD, STKIP PGRI Pacitan)
Urip Tisngati (Prodi PGSD, STKIP PGRI Pacitan)
Vit Ardhyantama (Prodi PGSD, STKIP PGRI Pacitan)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pengembangan media pembelajaran Wayang Karakter pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar, (2) efektifitas media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik, dan (3) hasil pengembangan media pembelajaran wayang karakter pada pembelajaran tematik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah jenis penelitian pengembangan (Research and Development) dengan desain pengembangan 4D, yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan), disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 pada pembelajaran tematik. Metode pengumpulan data yaitu observasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Diperoleh hasil pertama, penelitian dan pengembangan media pembelajaran Wayang Karakter pada pembelajaran tematik kelas IV sekolah dasar dapat dilakukan dengan menggunakan desain pengembangan 4D. Kedua, media pembelajaran Wayang Karakter telah diuji efektfitasnya melalui uji coba terbatas pada kelompok kecil posttest dengan hasil 78,57% dan lebih dari 75% siswa tuntas dalam belajar yang berarti media pembelajaran efektif digunakan untuk pembelajaran tematik pada kelas 4 sekolah dasar. Ketiga, hasil pengembangan media pembelajaran wayang karakter diperoleh hasil yang “Baik” pada penilaian ahli materi dengan skor rata-rata keseluruhan 4,00. Penilaian ahli media memperoleh skor rata-rata 4,69 dengan kriteria “Sangat Baik”, dan penilaian ahli pembelajaran dengan skor rata-rata 4,70 dengan kriteria “Sangat Baik”. Pada ujicoba kelompok kecil diperoleh penilaian dengan rerata skor 4,70 termasuk kriteria “Sangat Baik”. Diharapkan media pembelajaran wayang karakter dapat memotivasi guru untuk menggunakan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di sekolah terutama pada teks bacaan panjang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Education Social Sciences

Description

"JIP” for JURNAL INOVASI PENELITIAN, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, ISSN: 2722-9475 and the online version of ISSN 2722-9467, both of which are published every month. The scope of the journal studies broadly includes: 1. Culture (a ...