Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Vol 1 No 1 (2016): Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

Tabligh Melalui Media Sosial LINE

M. Mukti Ariyandi Wijaya (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Enjang AS (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Aang Ridwan (Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2016

Abstract

This research is to know form of tabligh management through social media LINE, material or message submitted, and segubation muballagh on account of Apostle Apostle. The method used in this research is descriptive method. Because the main purpose of this research is to illustrate and explain the tabligh through LINE social media. This research is done by taking steps: determining the research method, determining the type and source of data, determining the technique of data collection, and finally processing and analyzing the data. The results show that the form of tabligh management through LINE social media is by using tabligh bi al-kitabah (writing media), with different appearance by inserting images and combining with writing or message to be conveyed into unity of picture quotes delivered through social media LINE, material or message delivered using material derived from the Qur'an, Hadith of the Prophet, and advice of scholars with different themes adapted to everyday life, and segmentation muballagh on the account of Apostles Apostle is all human who are Muslims who use the internet media especially active users who use social media, access the media and see and read the messages tabligh delivered Apostle Messenger in his account. Penelitian ini untuk mengetahui bentuk pengelolaan tabligh melalui media sosial LINE, materi atau pesan yang disampaikan, dan segementasi muballagh pada akun Teladan Rasul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang tabligh melalui media sosial LINE. Penelitian ini dilakukan dengan menempuh langkah-langkah: menentukan metode penelitian, menentukan jenis dan sumber data, menentukan teknik pengumpulan data, dan akhirnya mengolah dan menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pengelolaan tabligh melalui media sosial LINE adalah dengan menggunakan bentuk tabligh bi al-kitabah (media tulisan), dengan tampilan yang berbeda dengan menyisipkan gambar dan menggabungkan dengan tulisan atau pesan yang akan disampaikan menjadi kesatuan gambar quotes yang disampaikan melalui media sosial LINE, materi atau pesan yang disampaikan menggunakan materi yang bersumber dari al-Qur’an, Hadits Nabi Saw, dan nasihat para ulama dengan tema yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan kehidupan sehari-hari, dan segmentasi muballagh pada akun Teladan Rasul adalah seluruh manusia yang beragama Islam yang menggunakan media internet terutama pengguna aktif media sosial yang menggunakan, mengakses media tersebut serta melihat dan membaca pesan-pesan tabligh yang disampaikan Teladan Rasul dalam akunnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

tabligh

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Focus and Scope Tabligh Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam publishes original researches in multi concepts theories, perspectives, paradigms, and methodologies on Islamic communication studies. Specific topics of interest include Public speaking, writing and journalism, Mass media, Social media, ...