Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia
Vol 10, No 1 (2014): January 2014

Pembuatan Media Pembelajaran Pengukuran Viskositas dengan Menggunakan Viskometer Dua Kumparan dan Freewave3

Shanti, M. R. S. ( Jl. Diponegoro 52 – 60 Salatiga 50711, Jawa Tengah, Indonesia)
Oktaviara, A. ( Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Kristen Satya Wacana)
Sutresno, A. ( Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana)
Wibowo, N. A. ( Program Studi Fisika, Fakultas Sains dan Matematika Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
17 Jan 2014

Abstract

Saat ini banyak cara dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran yang dirancang sendiri oleh guru. Pada penelitian dirancang media pembelajaran yaitu mengukur viskositas oli menggunakan metode viskositas bola jatuh dengan memanfaatkan dua kumparan sebagai sensor pendeteksi. Dimana dua kumparan dihubungkan dengan osiloskop dan hasilnya diolah menggunakan software freewave3. Dengan memberikan sinyal sinusoidal pada kumparan dan menjatuhkan bola kedalam tabung yang berisi fluida, akan didapatkan informasi perubahan tegangan saat bola tepat melewati kumparan. Dari data yang terekam pada software freewave3 dapat dihitung besar kecepatan terminal bola. Kecepatan terminal bola ditentukan dengan menghitung gradien dari grafik jarak terhadap waktu. Sehingga didapatkan nilai viskositas oli sebesar μ=0.85 Ns/m2. Lembar kerja siswa diuji cobakan pada beberapa mahasiswa dan didapatkan 87,5% mahasiswa menganggap bahwa pengukuran viskositas dengan menggunakan viskometer dua kumparan adalah hal baru bagi mereka, mudah diikuti, mempermudah dalam memahami dan menghitung viskositas fluida, dan memotivasi mereka dalam belajar fisika. Nowadays, there are many ways done to improve quality of learning by taking benefits from learning media designed by teacher. In this research, a viscosity measurement learning media was designed by applying two coils as transducer. Two coils were connected to osciloscop and the result was managed by freeware3 software. By giving sinusiodal signal to the coils dan droping ball into the tube containing oilt, an information of voltage change at the time of the ball passes the coil will be gathered. From the recorded data, the ball terminal velocity can be found by calculating the slope of distance-time graph, with the result of μ=0.85 Ns/m2. Student worksheets were distributed to several students and it was found that 87,5 % of the students considered that the measurement was a new thing for them , easy to follow , make them easier to understand and calculate the viscosity of the fluid , and motivate them to learn physics.

Copyrights © 2014