Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

PENGGUNAAN METODE LATIHAN (DRILL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS III C

Rahmadani, Putri (Unknown)
., Kaswari (Unknown)
., Rosnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjawab masalah mengenai apakah metode latihan (drill) dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi di kelas III C Sekolah Dasar Negeri 64 Sungai Raya. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan hasil tes menulis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Pada siklus pertama, penulis menggunakan gambar bertema profesi dan contoh puisi sebagai strategi pembantu dan nilai rata-rata siswa pada siklus ini adalah 6,47 atau dalam persentase 64,69%. Pada siklus kedua penulis menggunakan gambar bertema hewan dan contoh puisi sebagai strategi pembantu dan nilai rata-rata siswa pada siklus ini adalah 7,12 atau dalam persentase 71,25%. Penulis menggunakan gambar bertema keluarga dan contoh puisi sebagai strategi pembantu pada siklus terakhir dan nilai rata-rata siswa pada siklus ini adalah 8,03 atau dalam persentase 80,31%. Kata kunci: metode latihan (drill), meningkatkan, menulis puisi Abstract: This research is aimed to answer the problem about how does the method of drill could improve writing ability in a poetry to the third grade students of Sekolah Dasar Negeri 64 Sungai Raya. This research used descriptive method in classroom action research. The tools of data collection used observation checklist and written test. In the first cycle, the writer used the picture with the theme of occupation and a poetry as a media and the students mean score was 6.47 or 64.69%. In the second cycle, the writer used the pictures with the theme of animal and a poetry as an adding strategy and the students mean score was 7.12 or 71.25%. The writer used the pictures with the theme of family and a poetry as a media in the last cycle and the students mean score was 8.03 or 80.31%. Keywords: method drill, improved, writing poetry

Copyrights © 2015