Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 6 (2015): JUNI 2015

PENGARUH VARIASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR DRIBBLE BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII

Fransuka, Reza (Unknown)
Yunitaningrum, Wiwik (Unknown)
Purnomo, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh variasi pembelajaran terhadap hasil belajar teknik dribble bola basket pada siswa-siswi kelas VII B SMPN 10 pontianak Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan bentuk pre-eksperimental design. Sampel menggunakan teknik sampling purposive yaitu berjumlah 36 siswa. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh rata-rata tes awal 62,04 dan rata-rata tes akhir 77,59 (meningkat sebesar 15,55). Selanjutnya berdasarkan analisis uji pengaruh penarikan hipotesis nilai thitung yaitu sebesar 7,62 dengan melihat tabel statistik dimana pada derajat kebebasan dk=(N-1) adalah 36-1=35 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai ttabel sebesar 2,032. Dengan demikian nilai thitung > ttabel yaitu 7,62>2,032, hipotesis diterima. Adapun persentase peningkatan adalah sebesar 25,08%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variasi pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar teknik dribble bola basket.Kata Kunci: Variasi Pembelajaran, Dribble Bola Basket.Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of variations in the technique of learning to the learning outcomes dribble a basketball on the students of class VII B SMP 10 pontianak method used in this study is the experimental method to form a pre-experimental design. Samples using purposive sampling technique that is numbered 36 students. Results of the research and analysis of data obtained average initial test 62.04 and an average final test 77.59 (an increase of 15.55). Furthermore, based on the analysis of the effect of withdrawal of hypothesis testing tcount that is equal to 7.62 to see the statistics table where the degrees of freedom df = (N-1) is 36-1 = 35 and the significant level of 5% was obtained ttable value of 2.032. Thus tcount> ttable ie 7.62> 2.032, the hypothesis is accepted. The percentage increase is equal to 25.08%. Based on these results it can be concluded that the variation of learning has a positive effect on learning outcomes basketball dribble techniques.Key Word: Variation Learning, Basketball Dribble

Copyrights © 2015