Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014

PEMBELAJARAN MENGGIRING BOLA MELALUI GAYA MENGAJAR DIVERGEN PADA SISWA MTs YASTI SIMPANG EMPAT KABUPATEN SAMBAS

., Sudarmono (Unknown)
Simanjuntak, Victor (Unknown)
Purnomo, Edi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2014

Abstract

Abstrak: Pembelajaran Menggiring Bola Melalui Gaya Mengajar Divergen PadaSiswa Mts Yasti Simpang Empat Kabupaten Sambas. Penelitian ini bertujuanuntuk mengetahui peningkatan pembelajaran menggring bola dengan gayamenagajar divergen. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode deskriftifkuantitatif dengan teknik persentase. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIMts Yasti Simpang Empat, yang berjumlah 17 orang siswa. Sedangkanpengambilan sampel penelitian adalah dengan menggunakan teknik tes perbuatan(performance). Teknik pengumpulan data yang digunakan terhadap sampelpenelitian ini adalah teknik tes yang dilengkapi dengan instrumen penilaiansebagai alat ukur, yang digunakan untuk mengetes keterampilan menggiring bola.Hasil tes mengiring bola diketahui siswa memiliki nilai ketuntasan belajar82,35%, sehingga dalam kriteria sangat baik. Jadi ada perbedaan antara hasil tessiklus 2 dengan hasil tes siklus 1 adalah 82,35 % - 52,94 % = 29,41 %.Kata Kunci : pembelajaran, menggiring bola, sepak bola, gaya menagajardivergen.Abstract : Learning to driblle through divergent teaching style on students MtsYasti Simpang Empat Kabupaten Sambas. This research aims to know theimprovement of learning style dribble divergent teaching on students. The methodof this research is quantitave decriftive method using the technigue of thepercentage. The subjeck of this research is grade VIII who totaled 17 peoples.While the sampling research test technigue is to ue a deed (peformance). Datacollection technigues used against this research sample test technigue arecomplemented by assessment instruments as a measurement tool. While is used totest the skill of the driblle. The test result of the students known to driblle hasvalue completeness learn 82,35 %, thus the criteria very well. So there is adifference between the test result with the results of the test cycle 2 cycle 1 is82,35 % - 52,94 % = 29,41 %.Key word : learning, dribble, football, divergent teaching style

Copyrights © 2014