Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 4 (2015): April 2015

PERILAKU METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH OPERASI PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN CAMPURAN DI KELAS VII

Faslah, Roni (Unknown)
., Rif’at (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Apr 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui perilaku metakognisi siswa dalam pemecahan masalah operasi pengurangan bilangan pecahan campuran di kelas VII  SMP Negeri 17 Pontianak. Metode yang digunakan adalah survey. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa perilaku metakognisi siswa tingkat kemampuan atas, menengah dan bawah dalam pemecahan masalah pengurangan bilangan pecahan campuran termasuk kriteria aktivitas tinggi. Dalam pemecahan masalah terdapat dua strategi solusi untuk  siswa tingkat kemampuan atas, rata-rata 5 orang siswa dari 10 siswa menggunakan strategi solusi I dan II. Sedangkan untuk tingkat kemampuan menengah dan bawah, siswa cenderung menggunakan strategi solusi I dengan mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa, yaitu masing-masing 7 siswa dari kelompok menengah dan bawah. Untuk sratategi yang lain, penggunaannya relatif kecil pada  masing-masing tingkat kemampuan.   Kata Kunci: Perilaku metakognisi, strategi solusi, bilangan pecahan. Abstract: This study aims to determine the behavior of students' metacognition in problem solving a mixed fraction subtraction operation in class VII SMP 17 Pontianak .. The method used was a survey. Subjects in this study were 30 students. The results of the data analysis showed that the behavior of the ability level of students' metacognition top, middle and bottom of the fraction subtraction problem solving mixture including high activity criteria. In problem-solving strategies, there are two solutions to the student's ability level above, the average 5 students out of 10 students using the strategies I and II solutions. As for the middle and lower ability level, students tend to use the first solution strategy by changing the mixture fraction into a regular fraction, respectively 7 students from the middle and bottom. For other strategy, its use is relatively small at each level of ability. Keywords: Metacognitive behavior, strategi of solution, fractions.

Copyrights © 2015