Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 12 (2015): Desember 2015

INTERAKSI SOSIAL ANTAR SANTRIWATI BERBAGAI ETNIK DI PONDOK PESANTREN MATHLA’UL ANWAR KOTA PONTIANAK

Sulastri, . (Unknown)
., Rustiyarso (Unknown)
Salim, Izhar (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran interaksi sosial antar santriwati berbagai etnik di Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Kota Pontianak. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, teknik komunikasi langsung dan teknik studi dokumenter, sedangkan alat pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskripif kualitatif dengan menggunakan informan sebanyak 11 orang santriwati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial santriwati berbagai etnik berupa kerja sama dan akomodasi  belum terjalin dengan baik. Santriwati terlihat hanya bekerja sama dalam melaksanakan tugas berdasarkan teman satu etnik nya, tidak membaur dan terlihat mengelompok.   Kata kunci : Interaksi Sosial, Santriwati, Etnik   Abstract: This study aims to determine the role of social interaction between the various ethnic female students in boarding school Mathla'ul Anwar Pontianak. In this research method used is descriptive qualitative. With the data collection techniques used are direct observation techniques, direct communication techniques and techniques of documentary studies, while the data collection tool is observation, interview and documentation. The analysis in this study are presented in descriptive qualitative using as many as 11 people santriwati informant. The results show that social interaction santriwati various ethnic form of cooperation and accommodation has not been established. Santriwati visible only to cooperate in carrying out tasks based on a friend of his ethnicity, not blend in and look clumped.   Keywords : Social Interaction, Santriwati, Ethnic

Copyrights © 2015