Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 6, No 6 (2017): Juni 2017

PENGALAMAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER MODEL DRILLS AND PRACTICE DI SMK

Nurhakim, Lukman (Unknown)
Hartoyo, Agung (Unknown)
Suratman, Dede (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2017

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengalaman belajar siswa dalam pembelajaran berbasis komputer model drills and practice pada materi Matriks di Kelas X SMK Negeri 4 Pontianak. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan bentuk penelitian studi kasus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) 28,1% siswa melakukan proses pengalaman belajar yang baik; (2) Aspek pengalaman belajar mengamati dilakukan oleh seluruh siswa; (3) Aspek pengalaman belajar mengkomunikasikan dilakukan oleh 44% siswa, aspek ini merupakan aspek yang paling sedikit dilakukan oleh siswa karena siswa tidak memahami materi, takut salah dan minder/ kurang percaya diri untuk menjawab pertanyaan dari guru; dan (4) Aspek pengalaman belajar menanya dilakukan oleh 50% siswa, disebabkan karena siswa segan untuk bertanya.   Kata Kunci: Pengalaman Belajar, Pembelajar Berbasis Komputer, Model Drills and Practice Abstract: The purpose of the research was to explain how learning experience students of class X at SMK Negeri 4 Pontianak in computer-based learning drills and practice model on lesson matrix. The research method is deskriptive and the form was case study. The subject of this research were the students of class X TKJ. The result show that (1) 28,1% students did all the components of learning experience; (2) the observation components were conducted by all students, (3) the communication component were conducted  by  44% students, this component is the least done by students. Because the students didn't understand the lesson, afraid to answer false and less confident to answer  the question from teacher; (4) the asking component were conducted by 50% students, because the students are disinclined to ask the question.   Keywords: Learning Experience, Computer-Based Learning, Drills and Practice Model

Copyrights © 2017