Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 9 (2015): SEPTEMBER 2015

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA

Jumiyati, . (Unknown)
Sastrawan, Agus (Unknown)
Buwono, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2015

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas X SMAN 01 Sungai Raya Kab.Kubu Raya Provinsi kalimantan Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang digunakan penelitian ini adalah kelas X B dan X C masing-masing kelas berjumlah 29 orang. Hasil analisis menunjukan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw meningkat ketuntasan siswa dalam mengerjakan post test mecapai 100% dengan nilai rata-rata 96,67488. Hal tersebut karena dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw akan menarik perhatian siswa dalam belajar, meningkatkan semangat siswa dan membuat siswa aktif dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Model Jigsaw, Pelajaran Ekonomi This study aims determine student learning outcomes on economic subjects in class X of SMAN 01 Sungai Raya Kab.Kubu Raya provinsi Kalimantan Barat. The method used is the quasi experiment whith using experimental class and control class. The sample used this research is class XB and class XC each class numbered 29 people. Results of analysis shows the result of student learning using learning jigsaw increased, completeness student in doing post test reached 100% with an average value of 96,67488. This is because using a jigsaw learning will attract the attention of student in learning, increase student spirit and build an active student in the learning process. Keywords: Jigsaw Models, Economic Subjects

Copyrights © 2015