Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 7 (2015): Juli

PENINGKATKAN KEMAMPUAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DALAM PEMBELAJARAN MELALUI PERMAINAN LOMPAT KATAK DI SD

Anwar, . (Unknown)
Yunitaningrum, Wiwik (Unknown)
Haetami, Mimi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2015

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan lompat jauh gaya jongkok melalui permainan lompat katak pada siswa kelas V SDN 16 Kecamatan Batu Ampar Kabupaten Kubu Raya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk penelitian menggunakan jenis penelitian “Classroom Action Research“ (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini yaitu guru berkolaborasi dengan siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Kecamatan Batu Ampar sebanyak 30 siswa, terdiri dari 8 putri dan 22 putra. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pembelajaran siklus I ketuntasan belajar siswa berjumlah 23 siswa atau 76 % sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 7 siswa atau 23%. Agar siswa  memiliki kesempatan untuk perbaikan lompat jauh gaya jongkok maka dilanjutkan ke siklus II dengan demikian  bisa dikategorikan ketuntasan belajar siswa dengan jumlah 30 siswa dan belum lulus dengan jumlah 0 siswa.   Kata Kunci: Lompat jauh gaya jongkok, permainan lompat katak Abstract: The purpose of this research was to determine the increase in long jump ability squat style through a leapfrog game at fifth grade students of SDN 16 District of Kubu Raya Batu Ampar . The method used is descriptive method with quantitative approach . Form of research using this type of "Classroom Action Research". This research subject that teachers collaborate with students of SDN 16 District of Batu Ampar many as 30 students, consisting of eight daughters and 22 sons . The result showed that the learning cycle I mastery learning students numbering 23 students or 76 %, while the students who have not completed amounted to 7 students or 23 % . So that students have the opportunity to repair long jump squat style then proceed to the cycle II can therefore be categorized mastery learning students with a number of 30 students and has not passed the number 0 students. Keywords: Long jump squat style , play leapfrog

Copyrights © 2015