Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2014): Maret 2014

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PKn DI KELAS V SDN 23 MANIS MATA

Hidayat, Firman (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)
., Syamsiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Mar 2014

Abstract

Abstrak : Rendahnya hasil belajar siswa karena guru tidak menggunakan media yang tepat, RPP yang peneliti tidak menggunakan maksimal, sehingga pelaksanaan pembelajaran tidak berjalan dengan baik, guru tidak mempersiapkan materi dengan baik. Tujuan penelitian tindakan adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pendidikan pembelajaran melalui penggunaan media audio visual di kelas V Sekolah Dasar 23 Manis Mata Ketapang. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif , bentuk penelitian tindakan. Sifat penelitian ini adalah kolaboratif, subjek penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Kemampuan guru dalam rencana pembelajaran pada siklus pertama dari 3.10 dan 3.33 untuk siklus kedua. Kemampuan guru untuk melaksanakan pembelajaran pada siklus I 3,16 dan 3,75 untuk siklus kedua. Hasil pembelajaran pada siklus I sebesar 67,5 meningkat menjadi 78,50 pada siklus kedua. Kata Kunci : hasil belajar siswa, penggunaan media audio visual, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Abstract : The low student learning outcomes because teachers do not use the right media, lesson plan that researchers do not use the maximum, so the implementation of learning is not going well, the teachers do not prepare the material well. The purpose of action research is to improve student learning outcomes in the learning education through the use of audio-visual media in the Elementary School class V 23 Manis Mata Ketapang. The method used is descriptive method, the form of action research. The nature of research is collaborative, the research subjects were teachers and students numbering 20 people. Based on the results of this study concluded: The ability of the teacher in the learning plan in the first cycle of 3.10 and 3.33 for the second cycle. The ability of teachers to implement the learning in the first cycle of 3.16 and 3.75 for the second cycle. Learning outcomes in the first cycle of 67.5 increased to 78.50 in the second cycle Keywords: student learning outcomes, the use of audio-visual media, learning Citizenship Education.

Copyrights © 2014