Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 9 (2013): September 2013

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA KARTU BERTANDA SISWA KELAS IV SD

Suryaningsih, Euis (Unknown)
., Zainuddin (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2013

Abstract

Abstrak : Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan Kartu Bertanda kelas IV SDN 21 Teluk Pakedai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan kartu bertanda dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 21 Teluk Pakedai. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif, bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Hasil penelitian ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus 1 rata - rata sebesar 67,5 kemudian rata rata meningkat menjadi 97,5 pada siklus 2. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan kartu bertanda digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SDN 21 Teluk Pakedai. Kata Kunci : Hasil belajar, matematika, kartu bertanda Abstract : Improving student learning outcomes in mathematics learning with class IV Marked Cards SDN 21 Pakedai bay. This study aims to improve student learning outcomes by using marked cards in the learning of mathematics in fourth grade at SDN 21 Pakedai bay. This research method is descriptive method, this research is a form of action research that is collaborative. Results of this study can improve student learning outcomes. In cycle 1 average - average of 67.5 then average - average increased to 97.5 in cycle 2. This suggests that the use of marked cards are used to improve student learning outcomes SDN 21 Pakedai Gulf. Keywords: learning outcomes, mathematics, marked cards

Copyrights © 2013