Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2014): Maret 2014

PENGGUNAAN MEDIA MUSIK INSTRUMEN SENDU TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS V

Sari,, Yani Kemala (Unknown)
., Syamsiati (Unknown)
., Suryani (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikan pengaruh penggunaan media musik instrumen sendu terhadap kemampuan membaca puisi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Sungai Raya.Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodeeksperimen dengan bentuk penelitian eksperimen quaisy experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Sampel Penelitianiniadalah71orangpeserta didik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil rata-rata tes akhir kelas kontrol 77,34 dan rata-rata tes akhir kelas eksperimen 84,69 diperoleh thitung sebesar 5,176 dan ttabel,( ? = 5 %) sebesar 2,046 yang berarti Nilai thitung> ttabel, (5,176 >2,046), maka Ha diterima. Dari hasil perhitungan effect size (ES), diperoleh ES sebesar 1,60 dengan kriteria tergolong tinggi pada rentangan ES > 0,8. Hal ini berarti media musik instrumen sendu memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan membaca puisi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Sungai Raya.Kata Kunci: Media musik instrumen sendu, Kemampuan membaca puisiAbstact: This study aimed to describe the influence of media use on the mellow instrumental music reading skills in learning Indonesian poetry in the 5th grade learners Elementary School 14 Sungai Raya . The method used is an experimental method to study shape quaisy experiment with this type of experimental design nonequivalent control group design . The study sample was 71 students . Based on the analysis of data obtained from the results of the final test average of 77.34 and a control class average of 84.69 final test experimental classes obtained t of 5.176 and ttable , ( ? = 5 % ) of 2,046 which means the value t count > t table , ( 5.176 > 2.046 ) , then Ha is accepted . From the calculated effect size ( ES ) , ES of 1.60 was obtained with the criteria is high in the range ES > 0.8 . This means that media mellow music instruments provide high impact on the ability of learners to read poetry in Indonesian language learning in the 5th grade Elementary School 14 Sungai Raya .Keywords: Media melancholy musical instruments, ability to read poetry

Copyrights © 2014