Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 7 (2016): JULI 2016

ANALISIS MANAJEMEN KELAS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN EKONOMI PADA KELAS X SMA SANTUN UNTAN

Nuryanti, Sri (Unknown)
., Witarsa (Unknown)
., Okianna (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2016

Abstract

pembelajaran ekonomi kelas X SMA Santun Untan Pontianak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter dengan alat pengumpul data pedoman observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Analisis dalam penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif dengan menggunakan informan guru mata pelajaran ekonomi, kepala sekolah dan siswa kelas X SMA Santun Untan Pontianak. Kesimpulanya adalah manajemen kelas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran ekonomi sudah efektif akan tetapi belum sepenuhnya maksimal karena masih terdapat beberapa dari sub indikator yang belum dilaksanakan oleh guru mata pelajaran ekonomi di SMA Santun Untan Pontianak. Kata Kunci : Manajemen kelas, Efektivitas Pembelajaran Ekonomi Abstract: This aims of research to determine the learning economy class management class X SMA Santun Untan Pontianak. The approach used in this study is a qualitative approach with descriptive methods. Data collection techniques used is by direct observation, direct communication, and documentary studies with data collection tool guidelines for observation, interview and documentation study. Sources of data in this study using primary data sources and secondary data sources. The study of analysis method are presented in descriptive qualitative by using informants economic subjects teachers, principals and students of class X SMA Santun Untan Pontianak. The research of the result this classroom management conducted by the teacher of economic subjects has been effective but has not fully maximized because there are still some of the sub-indicators have not been implemented by teachers of economic subjects in high school Santun Untan Pontianak.   Keywords: classroom management, Effectiveness of Economic Studies

Copyrights © 2016